Rabu, 22 Juni 2011

komunikasi di atas kapal


Minggu, 08 Maret 2009


Komunikasi Kapal.

















Mungkin diantara kita pernah melihat sebuah kapal layar yang penuh dengan bermacam - macam bentuk warna yang terang. Bendera tersebut direntangkan di tiang - tiang kapal yang ada diatas kapal. Bendera - bendera kapal tersebut berkibar ditiup oleh angin laut. Sebenarnya apa gunanya bendera kapal tersebut ?
Bendera kapal yang ada itu bukanlah sebagai aksesoris kapal. Pada zaman dahulu sebelum sistim komunikasi belum secanggih zaman sekarang. Komunikasi dari darat kekapal atau dari kapal ke kapal dilakukan melalui bendera yang dikibarkan melalui tiang yang tertinggi di atas kapal. Setiap bentuk dan warna dari bendera kapal mempunyai arti yang tegas.
Hingga beberapa waktu setelah itu "MBAH MORSE" menemukan sebuah media untuk berkumunikasi. Sistim komunikasi yang diciptakan hanya berbentuk semacam signal suara berbentuk ketukan - ketukan nada.
Kemudian "MBAH MARCONI" menciptakan bentuk komunikasi baru dengan menggunakan media yang menggunakan frekwensi udara, dimana kita bisa melakukan komunikasi tertentu secara dua arah. Pada waktu tertentu, bila ada kata - kata yang sulit dieja dibuatkan istilah yang mudah dimengerti bagi orang yang menggunakannya. Salah satu contoh huruf A (alfa), B (beta) dan seterusnya.
Untuk lebih memperjelas bisa dijelaskan sebagai berikut.























Sampai saat ini, Kecanggihan teknologi komunikasi kapal sudah berkembang cukup pesat, dengan mengandalkan media satelit dilahirkan bermacam bentuk alat komunikasi seperti radar, GPS, dan sebagainya.Walaupun demikian hingga sekarang rata - rata awak kapal yang ada, terutama marconis dan perwira kapal, sudah sangat paham dalam mengoperasikan sistim komunikasi kapal yang ada dizaman dahulu itu seperti bendera kapal, morse dan bahasa radio.
Demikian dulu postingannya, kalau sudah dibaca berarti bukan awak kapal saja yang dapat mengetahui tentang komunikasi di kapal karena anda sendiri sudah mengetahuinya bukan ?...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar